Mata Kuliah : PAWL

Pengembangan aplikasi Web adalah sebuah penciptaan dan pemeliharaan aplikasi perangkat lunak untuk digunakan pada World Wide Web. Hal ini biasa dilakukan oleh para programmer, yang sudah akrab dengan coding untuk membentuk sebuah halaman web, seperti HTML, XML, Flash, Perl, CSS, PHP, JSP, ASP, dan lain-lain. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki fungsi tertentu dan menciptakan beragam hasil yang bervariasi. Para programmer Web harus profisien di salah satu atau lebih pada bahasa untuk beberapa derajat. Pengembangan aplikasi ini dapat bervariasi atau spesifik, tergantung pada kebutuhan halaman Web yang terlibat.

Web programmer ini harus terus menjaga variasi dalam pikiran ketika membuat situs. Beberapa browser memang lebih lazim daripada yang lain, dan banyak para programmer fokus pada pasar ini secara eksklusif. Walaupun yang mereka hadapi akan menghabiskan banyak waktu karena sasaran utama mereka adalah tetap mayoritas, khususnya pada konsumen berbasis situs web. Sebuah perusahaan tidak pernah tahu dimana konsumen berikutnya akan datang dan apa yang mereka akan gunakan untuk mencoba melihat halaman. Banyak para pengembang Web desain halaman menggunakan open source code atau memelihara hal sederhana dalam rangka memaksimalkan tampilan halaman.

Salah satu yang paling mendasar adalah jenis aplikasi situs Web melibatkan pengembangan e-Commerce. Aplikasi ini adalah jenis situs web ketika pengguna membuat sebuah toko online. Para perancang situs ini harus mengantisipasi segala macam perilaku yang tidak biasa dari pelanggan, serta kemacetan lalu lintas, sambil menjaga server.